Kartu ATM Tertelan di Mesin ATM BRI? Lakukan Hal Ini

Kartu ATM tertelan di mesin ATM BRI

Kartu ATM tertelan di mesin ATM BRI? Jangan panik segera lakukan tips-tips berikut ini.

Kali ini saya akan berbagi artikel mengenai permasalahan yang umumnya sering terjadi di sekitar kita, yaitu kartu ATM tertelan. Bagi anda yang mungkin mengalaminya, silahkan simak dan ikuti tips berikut ini agar tetap aman.

Penyebab Kartu ATM BRI Tertelan

Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan kartu ATM BRI anda tertelan, diantaranya:

  1. Permasalahan jaringan, hal ini merupakan hal yang sering menyebabkan kartu ATM kita tidak keluar lagi dari mesin ATM alias tertelan yakni tenggang waktu pada saat transaksi terlalu lama (time out).
  2. Salah memasukkan PIN sebanyak 3 (tiga) kali, jika anda salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali secara otomatis kartu ATM akan tertelan dan muncul tulisan di layar ATM “Unutk Keamanan, Kartu Anda Ditahan”.
  3. Permasalahan pada internal mesin ATM itu sendiri, ini terlalu teknis jika dijelaskan. Umumnya jika mesin ATM sudah berumur maka part atau bagian-bagian pada mesin juga fungsinya kurang optimal. Yaa kurang lebih sama seperti mesin elektronik lainnya.

Jika anda telah mengetahui penyebabnya, berikut ini merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar dana kita tetap aman.


Hal yang Perlu Dilakukan jika Kartu ATM Tertelan

Pada dasarnya dana di rekening kita akan tetap aman, karna yang bermasalah hanyalah kartu ATM nya saja. Namun sebagai bentuk pencegahan lebih baik segera lakukan tips berikut ini.

Lakukan Disable Kartu pada BRImo

Untuk memastikan kartu ATM tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak berwenang, lakukan disable kartu pada aplikasi BRIMo seperti yang sudah dijelaskan pada artikel ini:

Baca : Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Kartu ATM BRI

Dengan menonaktifkan kartu sudah sangat dipastikan 1.000% kartu kita menjadi lebih aman.

Lalu bagaimana jika belum punya aplikasi BRImo? Nah untuk case ini silahkan telp Call Center BRI di nomor 14017.

Lakukan Pemindahan Saldo pada Rekening Lainnya

Perlu dicatat, hal ini hanya berlaku bagi anda yang sudah punya akun BRImo atau Internet Banking BRI.

Jika anda hanya mempunyai 1 (satu) rekening, boleh minta tolong saja pada keluarga atau sahabat anda untuk ikut transfer dalam rangka mengamankan saldo rekening.

Laporkan pada Security BRI atau Petugas BRI yang Jaga

Jangan lupa laporkan permasalahan kartu ATM anda yang tertelan pada petugas / satpam Bank BRI yang biasanya berjaga untuk menghindari permasalahan ini terulang pada nasabah lainnya.

Ya selain untuk keamanan, secara tidak langsung dengan melakukan laporan anda sudah berbuat baik lho :).

Kunjungi Kantor BRI Terdekat untuk Melakukan Penggantian Kartu ATM

Nah langkah terakhir yaitu, kunjungi kantor BRI terdekat dengan tempat tinggal anda untuk melakukan penggantian / penerbitan Kartu ATM baru.

Disarankan untuk mendatangi Kantor BRI yang kelasnya Kantor Cabang, anda bisa menemukannya dengan melihat pada pylon sign di depan Kantor Bank BRI tersebut, cirinya yaitu bertuliskan KC atau Kantor Cabang, pastikan bukan Unit atau Teras ya.

Atau cara mudahnya datangi saja kantor Bank BRI terbesar yang ada di dekat tempat tinggal anda.

Adapun persyaratan utama yang harus dibawa yaitu:

  • Buku Tabungan BRI
  • KTP (e-KTP) Anda

Tinggal antri di Customer Service dan jelaskan kronologis kejadian, secara langsung pihak BRI akan melakukan penggantian kartu ATM seperti biasanya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat jangan lupa bagikan dan tinggalkan komentar.

Baca juga : Waspada Modus Kejahatan di ATM, Jangan Sampai Lengah!

Tinggalkan Balasan

Kirim balasan atau berdiskusi mengenai artikel ini.