Solusi untuk Transaksi Penarikan PKH Time Out di Agen BRILink

Transaksi PKH terdebet di BRILink

Bagi sebagian masyarakat pedesaan yang mendapatkan program bantuan PKH (Program Keluarga Harapan) mungkin banyak yang menarik uangnya atau melakukan transaksi melalui jasa Agen BRILink.

Namun adakalanya proses transaksi tidak selalu berjalan mulus, yakni ada proses time out yang menyebabkan saldo PKH terpotong namun tidak masuk ke rekening sang Agen.

Untuk itu, dicoffeean akan membahas bagaimana solusi untuk agen BRILink yang mengalami transaksi kartu PKH Bank BTN terdebet dan tidak masuk ke rekening agen.

Disini saya asumsikan, bahwa agen BRILink telah menyerahkan uang tunainya kepada pemilik kartu PKH yang mengalami permasalahan time out seperti yang telah disebutkan di atas.

Berikut ini yang hal-hal yang harus disiapkan:

  • Nomor Rekening atau Nomor Kartu ATM PKH
  • Tanggal Kadaluarsa Kartu
  • Nama Lengkap Pemilik Kartu
  • Alamat dan Tanggal Lahir
  • Nama Ibu Kandung
  • Kronologis Permasalahan
  • Email dan Nomor HP
  • Pulsa untuk melakukan panggilan

Jika semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, kita lanjut ke langkah berikutnya.


#1 Kondisi Pemilik Kartu sudah Sepuh (Tidak Melek Teknologi)

Jika kondisi pemilik kartu sudah sepuh, atau bisa diartikan tidak melek teknologi, kita bisa meminta bantuan keluarga atau saudara nya yang memungkinkan untuk melakukan panggilan ke Call Center BTN 1500286 dengan menyebutkan kronologis masalah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pribadi sesuai persyaratkan yang telah disebutkan di atas.

#2 Kondisi Pemilik Kartu Melek Teknologi

Jika pemilik kartu PKH bisa dikatakan masih melek teknologi, pada saat itu juga kita bisa meminta tolong yang bersangkutan untuk menelpon Call Center Bank BTN dengan menyebutkan hal-hal yang dipersiapkan di atas.


Pastikan sambungan telepon tidak terputus sampai mendapatkan Nomor Ticket Pengaduan yang akan dikirimkan melalui SMS atau email, contohnya seperti berikut ini.

Contoh Tiket Pengaduan BTN
Contoh Tiket Pengaduan BTN

Jika sudah mendapatkan nomor tiket pengaduan, langkah selanjutnya yaitu tinggal menunggu. Biasanya lamanya yaitu selama 3 hari atau maksimal 14 hari kerja.

Lalu kemana dana nya akan dikembalikan? “Jawabannya yaitu kembali ke rekening Bank BTN Pemilik Kartu”.

Oleh karena itu, jaga hubungan baik dengan pemilik kartu dan simpan nomor teleponnya untuk menginfokan dan melakukan pengulangan transaksi penarikan setelah dana yang terdebet dikembalikan.

Jika dana yang terdebet sudah dikembalikan biasanya pihak Bank BTN akan menginformasikan melalui SMS ke nomor yang kita berikan pada saat melakukan pengaduan. Berikut contohnya.

SMS Notifikasi Bank BTN
SMS Pemberitahuan Tiket Bank BTN

Bisa dilihat, dari contoh di atas yaitu tiket pengaduan dibuat pada tanggal 30 Juli dan dana dikembalikan pada tanggal 7 Agustus. Jadi tidak perlu khawatir untuk menunggu.

Demikianlah solusi bagi agen BRILink yang mengalami transaksi penarikan dana PKH Bank BTN Time Out dan tidak masuk ke rekening Agen, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Kirim balasan atau berdiskusi mengenai artikel ini.