Cara Cek Backlink melalui Google Webmasters + (Domain Score)

cara cek backlink google webmasters
Banyak artikel yang membahas mengenai cara cek backlink melalui Google webmasters, dan hampir semuanya sama.

Maksudnya penjelasannya singkat, padat dan jelas…

Karena itu, pada artikel singkat ini saya tertarik untuk membahas kembali cara cek backlink melalui Google webmasters, sekaligus melihat dan menilai kualitasnya dengan parameter: Domain Score dan Trusted Score.

Sebelum kita mulai, berikut ini merupakan tools yang biasa digunakan untuk mengecek backlink pada suatu website atau blog, diantaranya:

  1. SEMrush
  2. Ahrefs
  3. Alexa
  4. MOZ
  5. Linkody

Pasti anda pernah menggunakan salah satu tools diatas, atau mungkin semuanya.

Masing-masing tools diatas, tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kebanyakan kelebihannya (menurut saya). Kekurangannya adalah kurang pas untuk seseorang yang baru di dunia SEO, karena harganya yang lumayan menguras kantong.

Mengapa saya katakan demikian? karena jangankan membeli tools, untuk membuat blog WordPress self hosted saja masih mikir-mikir (seperti saya).

Baiklah kembali ke topik utama yaitu, kita akan melihat dan menilai backlink dengan parameter Domain Score dan Trusted Score secara langsung melalui Google webmasters.

Domain Score merupakan metrik yang mengukur pentingnya halaman web atau domain dengan skala poin 0-100, berdasarkan volume link yang mengarah kembali ke halaman atau domain tersebut (backlink). Semakin tinggi score, maka semakin tinggi pula kualitas domain tersebut.

Trusted Score merupakan metrik yang mengukur kelayakan suatu halaman web atau domain (juga pada skala poin 0-100) berdasarkan jumlah tautan (backlink) yang berasal dari situs web yang sangat tepercaya.

Trusted Score lebih menekankan pada backlink yang berkualitas tinggi. Sama seperti Domain Score semakin tinggi score, maka semakin baik dan sebaliknya.

Jika anda melihat adanya perbedaan yang besar antara Trusted Score dan Domain Score di situs web anda, kemungkinan itu terjadi karena memiliki terlalu banyak backlink yang berkualitas rendah, bisa berdampak buruk pada situs web anda ~ SEMrush.

1. Tools untuk menilai backlink melalui Google webmasters

Beberapa tools yang diperlukan:

  1. Akun Google (Webmasters)
  2. Akun SEMrush
  3. SEOquake browser extension

Belum punya akun SEMrush? silahkan mendaftar menggunakan email.

Selanjutnya adalah memasang SEOquake browser extension, browser yang didukung diantaranya: Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan Safari.

Cukup ketikan “SEOquake” pada menu addons atau extension browser, lalu pilih install. Bisa juga melalui situs web resminya disini.

cara cek backlink - SEOquake

Sekarang, coba lakukan pencarian melalui Google, dan lihat hasilnya.
Contoh, saya melakukan pencarian dengan kata kunci “webmasters”.

SEOquake Google Search

Lihatlah bagian yang diberi tanda merah merupakan hasil analisis SEOquake dari beberapa tools seperti: SEMrush, Alexa, whois domaintools, web archive dan lain-lain. Cukup informatif, maka tak heran jika SEOquake merupakan tools favorit, terutama bagi saya sendiri..

2. Menghubungkan SEMrush analytics dengan Google Webmasters

Tujuannya adalah untuk melihat dan menilai Domain Score dan Trusted Score secara langsung melalui Google webmasters, terutama pada backlink yang kita miliki.

Masuk ke Google Search Console (Google webmasters).
Pada menu yang terdapat di sebelah kiri pilih Lalu Lintas Penelusuran > Tautan ke Situs Anda.

cek backlink google webmasters

Selanjutnya akan tampil daftar backlink yang mengarah ke situs web kita, untuk menghubungkannya dengan SEMrush klik teks “Connect” pada tulisan “Get Trust metrics with free SEMrush accountConnect

Masuk dengan akun SEMrush pada tab baru di browser. Setelah berhasil masuk, close saja tab tersebut dan kembali ke Google webmasters.

Sekarang lihat daftar domain (backlink) yang mengarah ke situs kita, klik more » untuk melihat semuanya, metrik Domain Score dan Trusted Score telah aktif pada Google webmasters.

Berikut ini merupakan contoh dari salah satu blog milik saya.

backlinks domain score trusted score webmaster

Dengan mengetahui kualitas dari link atau domain (backlink) yang mengarah ke situs web, kita dapat melakukan filterring backlink mana saja yang diinginkan atau tidak diinginkan menaut situs web.

Jika tidak diinginkan kita bisa menggunakan fitur Google webmaster, yaitu: Disavow Links.

3. Cara menggunakan fitur Disavow Links pada Google webmasters

Pertama, download daftar link terbaru pada menu “Download latest links“, lalu tandai link atau domain yang akan disangkal.

Buat sebuah file berekstensi *.txt, masukkan link atau domain yang sudah ditandai pada langkah di atas. Contohnya seperti berikut ini:

# Tanda ‘#’ merupakan sebuah komentar
# ini untuk daftar link:
http://spam.example.com/stuff/comments.html
http://spam.example.com/stuff/paid-links.html
# ini untuk daftar domain:
domain:spammer.com

Sebagai contoh, saya menyimpannya dengan nama hapus.txt

Masuk ke alamat berikut ini: Disavow Links.

Pilih Properti situs > Disavow links

disavow links

Upload file hapus.txt.

Pilih Submit > Done.
Selesai, selanjutnya tinggal menunggu proses dari Google.

…Oiya, sebelum saya akhiri artikel ini, sepertinya ada fitur yang tak kalah menarik selain dari cara cek backlink beserta kualitasnya di Google webmasters.

Fitur tersebut adalah: melihat perubahan Algoritma Google.

Masih pada menu Google webmasters pilih Lalu Lintas Penelusuran > Telusuri Analytics, seperti biasanya kita melihat alanisis klik, tayangan, RKT dan posisi keyword.

[Baca juga : Cara Riset Keyword untuk SEO (Tools dan Strategi)]

Secara otomatis sensor SEMrush akan mendeteksi perubahan dengan ciri-ciri adanya garis vertikal berwarna merah, jika kita klik akan menampilkan informasi seperti di bawah ini.

Google core algo update

Demikianlah artikel mengenai cara cek backlink melalui Google webmasters, semoga bermanfaat khususnya bagi teman-teman yang baru belajar SEO (Search Engine Optimization).

Ada pertanyaan atau komentar?

Silahkan berkomentar dengan bijak.