AnyDesk √ Aplikasi Alternatif TeamViewer yang Terbaik

Alternatif TeamViewer

Cari aplikasi remote alternatif TeamViewer? AnyDesk merupakan solusi terbaik versi dicoffeean.

Semenjak masa pandemi covid-19 bekerja secara remote merupakan salah satu langkah yang diterapkan pada banyak perusahaan.

Ada yang menggunakan jaringan VPN untuk mengakses aplikasi perkantoran, ada pula yang memanfaatkan aplikasi remote pihak ketiga, yang paling terkenal dan banyak digunakan yaitu TeamViewer.

Namun semenjak beberapa tahun ke belakang penggunaan TeamViewer ini sangatlah tidak nyaman karena adanya pembatasan akses dikarenakan terdeteksi adanya penggunaan Komersial.

Tidak ada yang salah sih, karena sudah tertera di website resminya kalo versi gratis hanya dapat digunakan untuk tujuan Free for Personal Use bukan Commercial Use.

Akibatnya setiap 5 (lima) menit sekali koneksi remote desktop selalu terputus, sungguh sangat mengganggu pekerjaan bukan?

Setelah mencari dan mencoba-coba aplikasi remote alternatif TeamViewer, pilihan saya jatuh pada AnyDesk!


Kelebihan AnyDesk

Bagi anda yang terbiasa dengan TeamViewer, pastinya ini menjadi nilai plus karena AnyDesk:

  • Tampilannya 90% sangat mirip dengan TeamViewer
  • Kinerja remote lebih smooth, namun kembali ke koneksi internet pada kedua perangkat
  • Rentang waktu (time out) yang relatif panjang, bisa berjam-jam tetap terhubung pada perangkat yang di remote
  • Bisa remote walaupun kondisi PC / Laptop terkunci (Lockscreen)
  • dan yang paling penting yaitu tak dipusingkan oleh masalah Lisensi!

Berikut ini tampilan AnyDesk pada perangkat desktop.

Tampilan AnyDesk versi Desktop

Sama halnya dengan TeamViewer, AnyDesk juga mempunya ID yang fungsinya sama, yakni untuk me-remote dan sebaliknya (di-remote) dengan password yang random.

Nah bagi anda yang menginginkan password yang tidak berubah-rubah, caranya sama persis dengan TeamViewer yaitu melakukan setting pada opsi “Set password for Unattended Access”.

Bagi sistem operasi Linux hal ini membutuhkan perizinan atau akses dari user root, sedangkan Windows membutuhkan privileges Administrator.

Setelah opsi tersebut di enable, selanjutnya tinggal isi kolom password sesuai keinginan anda. Sehingga setiap melakukan remote, password pada perangkat yang diremote tidak akan berubah-ubah.

Atau bisa juga diceklis pada opsi untuk selalu mengingat password, tujuannya adalah agar tidak perlu lagi memasukkan password pada saat melakukan remote. Sangat memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu apalagi biaya tentunya!

Demikianlah artikel mengenai Aplikasi Alternatif terbaik pengganti TeamViewer, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Kirim balasan atau berdiskusi mengenai artikel ini.